Rabu, 24 Februari 2016

WISATA PEMANDIAN / KOLAM RENANG BANYU BIRU PASURUAN

WISATA PEMANDIAN / KOLAM RENANG BANYU BIRU PASURUAN


Foto 1 : Kolam Renang Banyu Biru


Foto 2 : Kolam Renang Banyu Biru


Foto 3 : Kolam Renang Banyu Biru


Sebelum disebut dengan nama Banyu Biru, awalnya objek wisata Pasuruan ini dinamakan Telaga Wilis. Terdapat 4 kolam renang yang cukup besar di tempat ini. 2 kolam pertama adalah kolam dengan sumber mata air asli dari alam sedangkan 2 kolam terakhir merupakan kolam renang buatan. Debit mata air yang cukup besar sanggup untuk mengisi 2 kolam renang tersebut. Para pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati segarnya sumber mata air Banyu Biru Pasuruan, tidak jarang juga banyak atlet-atlet atau perenang profesional yang menggunakan kolam renang di sini sebagai tempat latihan.
Di objek wisata ini terdapat suatu kepercayaan para penduduk lokal yaitu siapa saja yang mandi di sumber mata airnya akan awet muda sehingga jangan heran kalau pemandian ini sangat ramai dikunjungi apalagi pada hari libur.
Pemandian Banyu Biru, terletak di desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Pasuruan. Pemandian ini memiliki 4 kolam renang, dua diantaranya adalah sumber alami yang berwarna biru jernih. Karena itulah, nama Banyu Biru berasal. Selain itu, kolam dengan sumber air alami, terdapat kolam buatan dan sarana bermain seperti playground, panggung hiburan, lapangan tenis, stand pameran dan kolam ikan. Pemandian Banyu Biru ternyata sudah dikenal sejak jaman Kolonial Belanda.  Ini bisa ditemukan di  foto kuno tahun 1900 an koleksi KILTV dan Tropen Museum Belanda.  Banyak turis Eropa yang pelesir di tempat ini.  Selain berenang mereka juga bisa "menggoda" monyet-monyet liar yang jinak. Sayangnya saat ini tak seekor monyet pun kelihatan batang hidungnya. Bahkan, pada hari dan pasaran Jawa tertentu, banyak pengunjung yang melakukan ritual di tempat ini. Di kolam besar itu hidup ratusan Ikan Tombro berwarna hitam yang sering disebut Ikan Sengkaring. Jangankan pengunjung,  tak seorang pun masyarakat setempat yang berani mengusik keberadaan ikan-ikan yang konon keramat itu. Tak heran, ikan-ikan yang hidup bebas itu ada yang panjangnya lebih dari 1 meter.  Tradisi lisan masyarakat setempat mengaitkan Ikan Tombro tersebut dengan seorang Pandai Besi bernama "Bujuk Giman".  


Foto 4 : Kolam Renang Telaga Sewu


Foto 5 : Kolam Renang Telaga Sewu


Foto 5 : Kolam Renang Telaga Sewu

Kolam Renang Telogo Sewu bisa menjadi referensi. Kolam Renang Telogo Sewu adalah sebuah tempat rekreasi keluarga yang memadukan konsep antara beberapa kolam renang dan beberapa wahana permainan seperti, Flying Fox bagi anak, sepeda air, semacam komidi putar dan arena berkuda. Kolam Renang Telogo Sewu lebih tepatnya berada di Dusun Klagen Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Pasuruan. Bisa ditempuh dari Surabaya dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan umum, kendaraan pribadi atau bus rombongan. Bila naik kendaraan umum, dari terminal Bungurasih memilih rute bus antar kota dalam propinsi jurusan Surabaya-Malang, turun di terminal Pandaan dan dari terminal Pandaan bisa diteruskan menggunakan ojek, tukang ojek di sini kebanyakan sudah mengetahui bila anda menyampaikan tujuan ke Kolam Renang Telogo Sewu, masalah besarnya harga bisa anda negoisasikan. Namun bila naik kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi, perlu memperhatikan arah menuju ke kolam renang Telogo Sewu, setelah masuk by pass Pandaan akan ada 2 Pom Bensin. Pom bensin pertama berada di sebelah kiri jalan, dan Pom bensin kedua ada di sebelah kanan jalan, untuk menuju kolam renang Telogo Sewu di depan Pom bensin kedua yang berada di sebelah kanan jalan kita harus memutar balik, dari situ lurus sedikit sekitar 50 meter dan di sebelah kiri jalan ada petunjuk menuju Kolam Renang Telogo Sewu, ikuti beberapa petunjuk yang ada sampai tiba kolam renang.

Letak wisata Kolam Renang Telogo Sewu memang sedikit masuk ke ke dalam dan melalui perkampungan, akan tetapi setelah sampai di lokasi kita akan dapat menyaksikan tempat yang tertata rapi, lahan parkir yang di sediakan juga sangat luas, sampai ada beberapa lokasi untuk parkir mobil pengunjung. Untuk masuk areal kolam renang Telogo Sewu setiap pengunjung di kenakan biaya Rp. 8000,-. Udara yang masih bersih dan air kolam yang masih jernih tanpa kaporit, akan menggoda kita untuk segera bisa masuk kedalam kolam renang. Terhitung ada 4 kolam renang yang bisa kita gunakan untuk bergembira ria dengan keluarga, 2 kolam yang memang di khususkan untuk anak-anak dengan tambahan desain permainan ketangkasan dan satu buah water boom, dua kolam lagi diperuntukkan dewasa dengan kedalaman 150 cm, dan kedalaman kolam paling dalam adalah 175 cm. Ada beberapa shelter atau tembat beristirahat yang dilengkapi atap agar kita terhindar dari panas, dan hujan. Di beberapa lokasi di siapkan juga kamar bilas dan Toilet umum, bahkan juga disiapkan kamar bilas khusus wanita, mushola dan kantin penjual makanan dan minuman. Semua tertata rapi dan bersih, sehingga para pengunjung akan merasa betah bila berkunjung di kolam renang Telogo Sewu ini, dari Taman Dayu malah lebih dekat lagi yaitu sekitar 2 km. Sekitar pukul 08.00 pagi. untuk lokasi parkir sepertinya masih kurang luas. Untuk parkir kena Rp.2.000,- (Kalau mau titip helm, baik 1 helm atau 2 helm tambah lagi Rp.1.000,-). Untuk masuk lokasi wisata harga tiket Rp.7.000,- per orang.

Agar memudahkan perjalanan wisata, anda bisa menggunakan jasa TRANSBROMO TOUR AND TRAVEL, demi kenyamanan dan kepuasan wisata anda, kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan dan Harga yang terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat membuka halaman website resmi kami di : http://transbromo.com/

Email                         :  transbromo@gmail.com
Telp                           :  ( 0343 ) 443535
Sms / Whatsapp        :  (+62) 081216852121 / 085235454589 / 91
Pin BBM                  :   76371e83 / 5716a705 / 54bee35b
Website                     :  www.transbromo.com

5 komentar: