Kamis, 25 Februari 2016

WISATA ALUN - ALUN PASURUAN

WISATA ALUN - ALUN PASURUAN


Foto 1 : Alun - Alun Kota Bangil


 Foto 2 : Alun - Alun Kota Bangil

Bangil, jika dilihat sekilas memang tak ada yang istimewa dari Alun-alun Kota Bangil , suasananya pun hampir sama seperti kebanyakan alun-alun pada umumnya. Tapi tunggu dulu, jika dilihat dan diperhatikan secara seksama, ada sesuatu yang unik dari alun-alun Kota Bangil, alun-alun yang semestinya dipergunakan untuk memperindah Kota dan digunakan sebagai sarana wisata ataupun tempat peristirahatan sementara bagi orang yang ingin singgah. Kali ini Alun-alun Kota Bangil  dimanfaatkan oleh sebagian remaja untuk mengasah kreatifitas. Alun-alun merupakan tempat utama dilaksanakan kegiatan-kegiatan dari masyarakat Bangil, misalnya olah raga pagi, tempat olah raga bagi sekolah-sekolah sekitarnya karena tidak memiliki lapangan lagi. Alun-alun Bangil juga sebagai tempat dari kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Pasuruan, misalnya sebagai tempat upacara tahunan yang dihadiri oleh Bupati Pasuruan, dll. Terletak di tengah-tengah dan merupakan pusat dari Kota Bangil, terletak di utara jalan utama / jalan propinsi Gempol-Pasuruan


Foto 3 : Alun - Alun Kota Pasuruan
Alun-alun Kota Pasuruan Berada di jantung Kota Pasuruan, ditandai dua buah gapura berwarna hijau yang berada disisi timur dan barat alun-alun. Jika menilik lebih dekat, alun-alun Kota Pasuruan lebih identik sebagai sebuah taman, dengan deretan tanaman hias yang tertata rapi menyembul diantara hamparan rerumputan hijau.  Nampak begitu asri serta terasa sejuk terutama di pagi dan sore hari. Di sebelah barat  alun-alun nampak megah Masjid Jami’ Al Anwar, merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak lebih dari lima abad yang lalu, dengan beberapa kali mengalami pemugaran. Masjid Jami’ Al Anwar saat ini menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan umat Islam di Kota Pasuruan.
Di bagian belakang Masjid Jami’ Al Anwar  terdapat makam ulama dan para tokoh penting, diantaranya makam KH. Abdul Hamid. KH. Abdul Hamid yang dilahirkan di Lasem, Rembang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai seorang ulama besar kharismatik, tokoh pendiri Pondok Pesantren Salafiyah. Makam beliau tidak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah. Tidak jauh dari alun-alun terdapat pula beberapa pusat perbelanjaan baru yang bermunculan di kota Pasuruan, yang mendatangkan banyak kunjungan tiap harinya. Secara otomatis, para pengunjung yang ingin bersantai pun akan mendatangi alun-alun kota untuk melepas penat. Disekitar alun-alun terdapat beberapa penjual makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil berteduh di sekitar alun-alun. Setiap pengunjung diharapkan untuk tetap bisa menjaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya, sembari menjaga keasrian kota dengan baik.
Dari beberapa literatur yang ditemukan, Kota Pasuruan merupakan bekas Kota Hindia Belanda lama (Oud Indische Stad) yang mana alun-alun sebagai pusat kota berdampingan dengan gedung pemerintahan Pribumi (diwakili oleh Bupati), sedangkan gedung pemerintahan kolonial Belanda (diwakili oleh Residen atau Asisten Residen maupun burgemeester) yang berada di sisi lain kota.

Agar memudahkan perjalanan wisata, anda bisa menggunakan jasa TRANSBROMO TOUR AND TRAVEL, demi kenyamanan dan kepuasan wisata anda, kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan dan Harga yang terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat membuka halaman website resmi kami di : http://transbromo.com/

Email                         :  transbromo@gmail.com
Telp                           :  ( 0343 ) 443535
Sms / Whatsapp        :  (+62) 081216852121 / 085235454589 / 91
Pin BBM                  :   76371e83 / 5716a705 / 54bee35b
Website                     :  www.transbromo.com


9 komentar:

  1. bersii yha jadi pengen duduk di situ

    BalasHapus
  2. Ehem2...kl ramadhan gini itikaf d masjid nih....colek chuznie pipit rokhma mbk eca...:D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Lho...shalat juga donk kak tb...hehe

    BalasHapus
  5. Alun"kota Pasuruan keren dan bersih

    BalasHapus
  6. nyaman banget buat keluarga yg haya sekedar duduk"

    BalasHapus
  7. bersih tempatnya iya jngn lupa sholat juga

    BalasHapus