Rabu, 24 Februari 2016

WISATA KEBUN RAYA PURWODADI KABUPATEN PASURUAN

WISATA KEBUN RAYA PURWODADI KABUPATEN PASURUAN


Foto 1 : Kebun Raya Purwodadi


Foto 2 : Kebun Raya Purwodadi


Foto 3 : Kebun Raya Purwodadi
Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Luasnya mencapai 85 hektare dan memiliki sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Kebun Raya Purwodadi untuk pertama kalinya dibuka untuk umum pada masa kepemimpinan Sarwana. Peresmian pembukaan tersebut dilakukan pada tanggal 10 Maret 1963. Setelah pembukaan Kebun Raya untuk umum, pembangunan sarana fisik dan pembangunan sistem pengelolaan kebun semakin digalakkan. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut sistem klasifikasi Engler dan Prantl. Penyempurnaan vak koleksi, pembangunan gedung kantor, penambahan koleksi melalui eksplorasi, pertukaran biji menjadi program pimpinan Kebun Raya Purwodadi selanjutnya. Dalam perkembangannya UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi diharapkan akan menjadi pusat konservasi dan penelitian tumbuhan dataran rendah kering Indonesia.
Kebun Raya Purwodadi luasnya 85 hektare dan memiliki koleksi 10.000 jenis tumbuhan dan pohon, wuiih mantab banget ya. Pantesan jika dilihat dari luar Kebun Raya Purwodadi tampak  seperti hutan belantara yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan tinggi menjulang. Namun saat kami masuk ternyata di balik hutan belantara itu ada pemandangan yang membuat saya takjub. Di antara pepohonan itu ada fasilitas rekreasi yang lengkap, ada danau kecil dimana pengunjung bisa naik perahu, kola renang untuk anak-anak dan dewasa serta beberapa wahana permainan seperti ayunan dan lain-lain. Banyak spot yang dapat dijadikan lokasi prewedding sehingga seringkali kita akan melihat beberapa pengantin bergaya dengan latar belakang rindangnya pohon-pohon tersebut.


Agar memudahkan perjalanan wisata, anda bisa menggunakan jasa TRANSBROMO TOUR AND TRAVEL, demi kenyamanan dan kepuasan wisata anda, kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan dan Harga yang terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat membuka halaman website resmi kami di : http://transbromo.com/

Email                         :  transbromo@gmail.com
Telp                           :  ( 0343 ) 443535
Sms / Whatsapp        :  (+62) 081216852121 / 085235454589 / 91
Pin BBM                  :   76371e83 / 5716a705 / 54bee35b

Website                     :  www.transbromo.com

3 komentar: